Sunday, January 22, 2012

Merubah Icon Drive & Folder

Windows explorer menampilkan icon untuk setiap drive yang di gunakan, namun sayangkan, tampilan icon ini sangat standard dan tidak menarik. Apakah anda punya pikiran seperti saya? Selain tampilan icon yang  standard dan sama untuk setiap drive, bila anda menggunakan terlalu banyak drive juga akan membingungkan anda. Drive mana yang di gunakan untuk data, drive mana yang di gunakan untuk flashdisk, drive mana yang merupakan hardisk external dan lain sebagainya.

Kini, perhatikan gambar di bawah ini. Saya mengganti icon untuk setiap drive komputer saya sbedehingga icon drive untuk internal, Flashdisk, Hardisk exterternal dan drive penting saya menggunakan icon yang berbeda-beda. Hanya dengan melihat icon ini, saya sudah bisa mengetahui jenis drive dan pandangan yang diberikan pun menarik dan menyegarkan. Bagaimana hal ini bisa dilakukan?


Rahasia membuat icon untuk drive terletak pada file 'autorun.if '. Untuk membuat icon unik untuk setiap drive yang anda gunakan, lakukan langkah-langkah berikut ini :

1. Buka text editor seperti Notepad
2. Masukkan kode berikut ini
   [ autorun ]
   icon = nama_file_icon.ico

dimana "nama_file_icon.ico" adalah nama file *.ico atau file gambar dalam format *.ico yang akan   di gunakan. Bila gambar ico. ini disimpan pada root drive, Anda tidak perlu menyebutkan lokasi gambar namun bila anda menyimpannya ditempat berbeda  atau didalam folder, Anda harus menuliskan lokasinya secara lengkap.

3. Simpan file autorun.inf dan file gambar iconnya ( *.ico ) pada root direktory drive setiap drive.
4. Perubahan ini biasanya tidak langsung kelihatan. Anda bisa mencoba me-restart komputer anda atau tutup dan jalankan kembali Windows Explorer dan tekan tombol [ F5 ] untuk merefresh.






No comments:

Post a Comment

Blogger States Google Headline Animator